tips menjadi guru favorit bagi anak SD

Share on :
assalmu 'alaikum warahmatullahi wabarakatu
jumpa lagi bersama saya el-syar ,bagi guru-guru bukan hanya di indonesia bahkan di seluruh dunia apakah anda pernah berpikir untuk menjadi guru favorit bagi siswa-siswa yang masih duduk di sekolah dasar?? ya!! sa'at saya magang ke suatu lembaga dan saya di suruh untuk mengajar di lembaga tersebut besama kedua teman saya. setelah kami beberapa minggu mengajar di lembaga tersebut saya mendapat suatu informasi dari salah satu murid dan dia berkata kepada saya, bahwa dia lebih nyaman apabila mereka di ajari oleh saya. pada awalnya saya tidak mengerti mengapa bisa demikian.
setelah saya teliti pada sa'at teman-teman saya mengajar saya memperhatikan mereka dengan baik. ternyata mereka sering merasa emosi kepada siswa-siswa yang masih duduk di bangku SD tersebut.
dan di sinilah saya berhasil menyimpulkan dan mendapatkan kunci sukses bagaimana supaya bisa menjadi guru yang di gemari oleh siswa-siswa tersebut. berikut cara-caranya:
  1. cobalah mengontrol rasa emosi anda dan apabila anda merasa emosi kalau bisa jangan sampai memperlihatkan perasaan emosi itu kepada siswa.
  2. jangan sering kali memarahi siswa karena apabila anda sering memarahi mereka, mereka akan merasa terbiasa dengan semua apa yang anda katakan ketika anda memarahi anda.
  3. cobalah untuk menjadi akrab dengan siswa walaupun siswa itu tergolong siswa yang nakal.
  4. berikanlah arahan-arahan yang mendidik. biasanya cara ini dapat dengan mudah di tanggapi oleh siswa dengan cara bercerita sesuatu yang menakjubkan dan yang pasti bersifat mendidik bagi mereka . karena secara tidak langsung mereka akan mengikuti tauladan (sisi baik) dari ceriata tesebut.
  5. perbanyaklah bercanda ria dengan siswa akan tetapi jangan terlalu sering bercanda karena apabila itu dilakukan mereka akan merasa terbiasa apabila anda mengajar mereka akan lebih cendrung tidak fokus kepada pelajaran dan akan ingin terus bercanda dengan anda dari pada belajar.
  6. sering-seringlah memuji siswa tersebut karena cara ini akan membuat siswa tersebut merasa bangga dengan dirinya dan dia akan lebih semangat belajar dan lebih sering bertanya kepada anda.
  7. bimbinglah siswa tersebut sampai mereka menguasai terhadap pelajaran yang anda ajarkan terhadap mereka.
itulah  7 cara untuk menjadi guru favorit yang saya dapatkan ketika saya magang dan semoga bermanfaat bagi kita semua......!
sampai jumpa di posting selanjutnya.

0 comments on tips menjadi guru favorit bagi anak SD :

Post a Comment and Don't Spam!

follow me

Popular Post